05 Agustus 2009

Desain Website Dengan CSS

CSS Web Design

CSS Web Design

Membuat sebuah website adalah mudah. Pakai saja aplikasi seperti Microsoft FrontPage atau Macromedia Dreamweaver, tinggal klik sana sini, sebuah website bisa dibuat dalam waktu 30 menit. Tapi seni desain website sesungguhnya bukanlah menggunakan aplikasi instant seperti itu. Barangkali Anda belum mengetahui, mengubah tampilan sebuah website dapat dilakukan hanya dengan memodifikasi CSS saja. Menarik?

Cascading Style Sheet (CSS)

Berdasarkan definisi yang diberikan oleh W3C dalam websitenya, CSS adalah mekanisme untuk mengubah tampilan seperti font dan warna ke dalam sebuah dokumen HTML. Dengan CSS, tampilan sebuah halaman HTML dapat didefinisikan pada halaman tersendiri. Dengan demikian, pengubahan variabel pada halaman CSS akan mengubah tampilan halaman HTML yang berhubungan. Anda dapat mulai mempelajadi CSS di sini.

Zen Garden CSS

Jika Anda telah mengenal lebih jauh tentang CSS, maka salah satu referensi yang mungkin bisa menjadi inspirasi adalah Zen Garden CSS. Zen Garden CSS adalah demonstrasi keunggulan desain website dengan CSS. Di sana Anda dapat melihat berbagai contoh desain yang sama sekali berbeda satu dengan yang lainnya dimana masing-masing desain hanya dibuat dengan melakukan perubahan pada file CSS saja. Dari sana Anda bisa mendapatkan file HTML dan CSS yang disediakan sebagai sarana berlatih desain website dengan CSS.

Keuntungan Desain Website Dengan CSS

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda telah menguasai desain website dengan CSS meski dalam tingkatan pemula sekalipun. Apalagi jika Anda adalah blogger yang mengandalkan aplikasi seperti WordPress. Anda mungkin bisa mendapatkan WordPress theme dengan gratis dari banyak sumber, tapi pastinya Anda selalu menemui kekurangan dalam theme yang Anda gunakan meski hanya berupa font yang kurang besar, misalnya.

Dengan menguasai teknik desain website dengan CSS, Anda bisa dengan mudah mengubah ukuran font dan lain-lain hanya dengan melakukan modifikasi file stylesheet.css theme Anda, apalagi WordPress menyediakan fasilitas untuk mengubah file ini dalam panel adminstrasi-nya. Apabila Anda telah cukup menguasai CSS, maka dengan mudah Anda bisa mengubah keseluruhan tampilan theme yang Anda gunakan, dan mungkin bahkan membuat theme untuk didistribusikan ke orang lain.

Jika Anda belum mengenal CSS lebih dekat, mulailah berkenalan dari sekarang sehingga nanti Anda akan bisa menggunakannya untuk memodifikasi theme ini sesuka hati Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar