10 September 2009

Tips Mudah Menghitung Perkalian 6 sampai 10 dengan Jari Tangan

Tips menghitung dengan jari ini sudah cukup lama dan lazim diketahui. Teknik ini bahkan tidak hanya dikenal di Indonesia saja. Tips ini cukup mudah dipraktekkan dan tentu saja cukup praktis, namun keterbatasannya adalah cara ini hanya dapat dipakai untuk perkalian angka 6 sampai 10. Berikut langkah-langkahnya:

tips matematika, menghitung perkalian dengan jari



  1. Gunakan jari anda dengan tiap jari mewakili angka tertentu, kelingking mewakili angka 6, jari manis = 7, jari tengah = 8, telunjuk adalah 9, dan 10 diwakili oleh jempol.

  2. Setiap angka yang akan dikalikan ditandai dengan ditekuk/dilipat. Misalnya 7×8 = maka tekuk 2 jari, kelingking dan jari manis di tangan satu dan 3 jari, kelingking, jari manis dan jari tengah di tangan lain(kiri dan kanan sama).

  3. Jumlahkan jari-jari yang ditekuk tadi( untuk 7×8 maka jumlah jari yang ditekuk adalah 2+3=5 jari. Kalikan angka ini dengan sepuluh (5×10=50)

  4. Kalikan jari yang tidak ditekuk dari kedua tangan (untuk contoh 7×8 diatas adalah: 3×2=6)


  5. Jumlahkan angka yang didapat dari poin (3) dan (4), yaitu 50+6= 56.

  6. Cobalah untuk menghitung angka-angka lain dengan catatan bahwa angka hanya boleh untuk angka 6 sampai 10.


Harap diperhatikan bahwa cara ini dipakai hanya untuk mempermudah perkalian. Siswa harus dibekali pemahaman konsep yang benar dan memadai sebelum diajarkan tips-tips semacam ini.

Membimbing Anak Menjadi Pandai Matematika



Membimbing anak belajar

Membimbing anak belajar


Alangkah bahagianya orang tua bisa melihat anaknya ahli dalam setiap pelajaran. Yang menjadi masalah bagi anak-anak Indonesia biasanya, tidak menyukai pelajaran-pelajaran yang dianggapnya sulit, misalnya matematika.


Biasanya, orang tua akan mengkursuskan anaknya, untuk orang tua yang mampu. Akan tetapi, Anda sendiri sebenarnya bisa memaksimalkan kemampuan matematika anak-anak Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini tips bagi Anda yang dirangkai dari berbagai sumber.


1. Pastikan Anak anda mengetahui konsep matematika yang ia pelajari.


Jika anak Anda tidak mengetahui dasar dari matematika, maka anak Anda hanya akan mempeelajari matematika dengan hafalan. Padahal, matematika yang dihafal itu tidaklah ada artinya. Anda dapat memberitahukan dasar-dasar matematika pada mereka, sehingga mereka akan mudah memahami soal-soal yang sulit apabila mereka mengetahui dasarnya.


2. Bantulah mereka dengan menyertakan fakta-fakta.



Penguasaan fakta dasar berarti bahwa anak dapat menjawab pertanyaan kurang dari tiga detik. Rumus praktis dapat Anda anjurkan pada anak Anda agar memperoleh respon yang cepat. Apabila anak Anda belum juga bisa memahami berilah contoh yang nyata. Misalnya, menghitung perkalian dengan memisalkan keramik yang ada pada lantai Anda.


3. Ajarkan pada anak Anda menulis angka-angka dengan teliti.


Duapuluh lima persen kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika ditemukan oleh pengajar adalah kesalahan yang dikarenakan ketidaktelitian sang anak dalam menulis angka-angka. Perbaiki ketelitian anak Anda dalam menulis dan mengolah angka-angka dengan cara meneliti ulang apa latihan yang dia kerjakan.


4. Sediakan kebutuhan, yang digunakan anak Anda untuk belajar matematika, dengan cepat.


Matematika adalah sebuah subjek yang semuanya dibangun dari apa yang sebelumnya telah dipelajari. Seabagai contoh, kegagalan dalam mengetahui dasar masalah perhitungan persen biasanya disebabkan oleh sang anak tidak menguasai masalah desimal.


5. Tunjukkan bagaimana cara menyelesaikan masalah pekerjaan rumahnya


Mengerjakan tugas matematika mempertajam ilmu yang didapat dari sekolah untuk dipelajari di rumah. Ajarkan pada mereka untuk memulai mengerjakan tugas tersebut, dengan membuka buku atau mengulang pelajaran dan contoh-contoh yang telah diberikan oleh guru mereka lewat pelajaran sebelumnya disekolah. Jika kurang jelas, jelaskan padanya sampai ia bisa mengerti.


6. Dorong mereka untuk mengerjakan soal lain.


Jika guru hanya memberikan soal-soal tertentu saja, berilah pada anak Anda contoh soal yang lain. Ingat, semakin anak Anda banyak berlatih makin semakin cepat mereka membentuk kemampuan dan kepercayaan diri mereka.



7. Jelaskan bagaimana cara menyelesaikan masalah soal cerita.


Matematika mempunyai ekspresi, untuk belajar memecahkan masalah, Anda harus memecahkan masalah. Ajarkan pada anak Anda membaca soal cerita berkali-kali. Juga, suruhlah dia untuk menggambarkannya dalam bentuk soal matematika atau diagram.


8. Bantulah anak Anda mempelajari tata bahasa matematika.


Mereka tidak akan dapat matematika secara nyata, tidak pula mempelajari konsep yang lebih menantang tanpa mengetahui tata bahasanya. Periksalah bahwa anak Anda dapat menemukan dan mengikuti masalah yang baru atau bab baru. Jika tidak, ajarkan padanya untuk menggunakan model atau contoh dan masalah yang sederhana terlebih dahulu.


9. Ajarkan pada mereka untuk mengerjakan metematika ?di luar kepala”


Anak-anak kecil harus banyak menyelesaikan masalah perhitungan dengan menggunakan pensil dan kertas. Ketika membantu anak Anda menyelesaikan sebuah soal, bantulah mereka dengan mendiktekannya tanpa harus menuliskannya, sehingga anak akan berlatih menulis matematika sesuai apa yang dibayangkan.


10. Jadikanlah matematika bagian dalam hidup anak Anda.


Matematika akan lebih berarti ketika anak Anda melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan ini, dan dapat dilihat dimana-mana. Dorong mereka menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, tanyakan pada mereka jarak suatu tumbuhan baru ke suatu titik tertentu.


Sumber : Tempo Online

Trik Menghitung Pembagian

Berikut ada beberapa trik yang cukup menarik hanya dengan menggunakan model perkalian dan kemudian dengan membaginya dengan kelipatan angka 10. Perhatikan penjelasan berikut ini :




  1. Untuk membagi bilangan yang dibagi 125, caranya yaitu kalikan bilangan tersebut dengan 8, kemudian bagilah dengan 1000. misalnya; 7000/125 = (7000 x 8)/1000 = 56.

  2. Untuk membagi bilangan yang dibagi 50, caranya; kalikan 2 dan bagi 100.contoh ; 300/50 = (300 x 2)/100 = 6.

  3. Untuk membagi bilangan yang dibagi 500, kalikan 2 kemudian bagi 1000.contoh; 7500/500 = (7500×2)/1000 = 15.

  4. Untuk membagi bilangan yang dibagi 5, kalikan 2 kemudian bagi 10. contoh; 35/5 = (35×2)/10 = 7.


  5. Untuk membagi bilangan yang dibagi 25, kalikan 4 kemudian bagi 100.contoh; 3700/25 = (3700×4)/100= 148.

  6. Untuk bilangan yang dibagi dengan 250, kalikan 4 kemudian bagi 1000.

  7. Untuk bilangan yang dibagi dengan 16 2/3, kalikan 6 kemudian bagi 100.

  8. Untuk bilangan yang dibagi dengan 33 1/3, kalikan 3 kemudian bagi 100.

  9. Untuk bilangan yang dibagi dengan 166 2/3, kalikan 6 kemudian bagi 1000.

  10. Untuk bilangan yang dibagi dengan 333 1/3, kalikan 3 kemudian bagi 1000.

  11. Untuk bilangan yang dibagi dengan 6 2/3, kalikan 15 kemudian bagi 100.

  12. Untuk bilangan yang dibagi dengan 66 2/3, kalikan 15 kemudian bagi 1000.

  13. Untuk bilangan yang dibagi dengan 8 1/3, kalikan12 kemudian bagi 100.


  14. Untuk bilangan yang dibagi dengan 83 1/3, kalikan dengan12 kemudian bagi 1000.

  15. Untuk bilangan yang dibagi dengan 6 1/4, kalikan dengan16 kemudian bagi dengan100.

  16. Untuk bilangan yang dibagi dengan 62 1/2, kalikan dengan16 kemudian bagi dengan1000.

  17. Untuk bilangan yang dibagi dengan 18 3/4, kalikan dengan16, bagi 3, kemudian bagi 100.

  18. Untuk bilangan yang dibagi dengan 37 1/2, kalikan dengan8 bagi 3, kemudian bagi 100.

  19. Untuk bilangan yang dibagi dengan 87 1/2 bagi 7, kalikan 8 kemudian bagi 100.

  20. Untuk bilangan yang dibagi dengan 75 bagi dengan 3, kalikan 4 kemudian bagi 100.

Istilah-istilah dalam Matematika

Pernahkah anda penasaran dari manakah istilah-istilah matematika berasal dan bagaimanakah istilah-istilah tersebut berkembang? Berikut ada beberapa contoh istilah-istilah yang patut anda ketahui :

Algebra / Aljabar

Berasal dari buku 825 A.D, “ilm al-jabr w’al Maqa ialah” yang berarti “pertemuan”, “hubungan” atau “perampungan”) Oleh ahli matematika Iran, Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi.Karena orang-orang Eropa sulit untuk mengucapkan istilah ini dengan bahasa Arab, kemudian mereka menyebutnya dengan Aljabra, dan kemudian menjadi Algebra (dalam bahasa Indonesianya Aljabar). Aljabar adalah cabang matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dan perpanjangan aritmatika.

Calculus / Kalkulus

Berasal dari bahasa latin “calculus” yang berarti batu yang digunakan untuk menghitung.

Exponent / Eksponen

Berasal dari bahasa latin “ex”(out) dan “pon”(place) jadi kalau digabungkan menjadi placed out, yang berarti pangkat.

Fraction / Pecahan

Berasal dari bahasa latin ” Fractus” yang secara literal berarti broken/ pecah.

Geometry / Geometri

Geometri (dari bahasa Yunani , geo = bumi, metria = pengukuran) secara harfiah berarti pengukuran tentang bumi, adalah cabang dari matematika yang mempelajari hubungan di dalam ruang. Dari pengalaman, atau mungkin secara intuitif, orang dapat mengetahui ruang dari ciri dasarnya, yang diistilahkan sebagai aksioma dalam geometri.

Logarithm / Logaritma

Berasal dari bahasa Yunani, yaitu “logos”(proportion,bagian) dan “arithmetik (number/angka).Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan.

Percent / Persen

Berasal dari dua bahasa latin, yaitu “per” (by/bagi) dan “centum” (hundred/seratus).

Sine / Sinus

Berasal dari bahasa Latin, yaitu “sinus” .secara literal dalam bahasa Inggris ” folded cloth” atau lipatan kain.Sinus dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90 derajat).

Trigonometry / Trigonometri

Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.

Zero / nol (0)

Berasal dari bahasa Arab “Zefirum” yang berarti empty / kosong.

Istilah-istilah dalam Matematika

Pernahkah anda penasaran dari manakah istilah-istilah matematika berasal dan bagaimanakah istilah-istilah tersebut berkembang? Berikut ada beberapa contoh istilah-istilah yang patut anda ketahui :

Algebra / Aljabar

Berasal dari buku 825 A.D, “ilm al-jabr w’al Maqa ialah” yang berarti “pertemuan”, “hubungan” atau “perampungan”) Oleh ahli matematika Iran, Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi.Karena orang-orang Eropa sulit untuk mengucapkan istilah ini dengan bahasa Arab, kemudian mereka menyebutnya dengan Aljabra, dan kemudian menjadi Algebra (dalam bahasa Indonesianya Aljabar). Aljabar adalah cabang matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dan perpanjangan aritmatika.

Calculus / Kalkulus

Berasal dari bahasa latin “calculus” yang berarti batu yang digunakan untuk menghitung.

Exponent / Eksponen

Berasal dari bahasa latin “ex”(out) dan “pon”(place) jadi kalau digabungkan menjadi placed out, yang berarti pangkat.

Fraction / Pecahan

Berasal dari bahasa latin ” Fractus” yang secara literal berarti broken/ pecah.

Geometry / Geometri

Geometri (dari bahasa Yunani , geo = bumi, metria = pengukuran) secara harfiah berarti pengukuran tentang bumi, adalah cabang dari matematika yang mempelajari hubungan di dalam ruang. Dari pengalaman, atau mungkin secara intuitif, orang dapat mengetahui ruang dari ciri dasarnya, yang diistilahkan sebagai aksioma dalam geometri.

Logarithm / Logaritma

Berasal dari bahasa Yunani, yaitu “logos”(proportion,bagian) dan “arithmetik (number/angka).Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan.

Percent / Persen

Berasal dari dua bahasa latin, yaitu “per” (by/bagi) dan “centum” (hundred/seratus).

Sine / Sinus

Berasal dari bahasa Latin, yaitu “sinus” .secara literal dalam bahasa Inggris ” folded cloth” atau lipatan kain.Sinus dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90 derajat).

Trigonometry / Trigonometri

Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.

Zero / nol (0)

Berasal dari bahasa Arab “Zefirum” yang berarti empty / kosong.

Trik Menghitung 2 Bilangan Belasan

Menghitung perkalian dua angka belasan dapat dilakukan dengan cara konvensional juga dapat dilakukan dengan trik perkalian khusus. Tulisan ini akan membahas bagaimana melakukan perkalian mudah dengan contoh kita akan mencoba perkalian 12×13. Langkahnya adalah sebagai berikut:

1.Hasil akhir perkalian diasumsikan 100 lebih, jadi asumsikan hasil akhir diawali angka 1.

2. Tambahkan angka satuan dari dua bilangan tersebut yaitu 2+3 nilainya adalah 5. Sekarang kita memperoleh hasil sementara 15_ (1 dari langkah 1, dan 5 dari langkah 2) atau 150 lebih.

3. Sekarang lakukan perkalian angka satuan dari dua bilangan, yaitu 2×3 sehingga nilainya 6.

4. Tambahkan nilai hasil dari langkah 3 dan , yaitu 150+6 sehingga ditemukan nilai akhir.

tips trik perkalian matematika

Untuk angka yang lebih besar, dengan hasil penambahan dan perkalian angka satuan (langkah 2 dan 3) maka angka puluhan ditambahkan dengan ke digit depannya. Misalnya perkalian angka 18×14. Hasil penambahan 8+4 adalah 12. Angka puluhan harus ditambahkan ke digit depannya (yaitu angka 1, lihat langkah 1) sehingga menjadi 22. Hal yang sama dilakukan untuk langkah perkalian 8×4=32.

trik mengajar matematika

3 GAYA BELAJAR AGAR MENDAPAT NILAI MAKSIMAL

Setiap orang ditakdirkan berbeda, tak terkecuali dalam bagaimana seseorang belajar. Setiap individu memiliki gaya belajar yang berlainan. Bagi seorang guru, sangat penting mengetahui gaya belajar siswanya sehingga cara mengajarnya dapat mencapai hasil yang lebih maksimal dengan menyesuaikan gaya belajar siswa-nya.


Seringkali guru salah menilai jika ada siswa yang tidak bisa duduk diam dan tenang. Seringkali malah siswa tersebut dianggap nakal. Bisa saja siswa bertingkah seperti itu karena guru memberikan cara pengajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa tersebut sehingga dia susah memahami pelajaran dan menjadi bosan.


Menurut penelitian, ada banyak kategori gaya belajar siswa. Namun, gaya belajar yang banyak dibicarakan dan akan sedikit dibahas disini ada tiga yaitu; visual/spatial, auditori/aural dan kinestetik/physical.



1. Gaya Visual/Spatial


Pembelajar gaya visual, lebih suka menggunakan foto, membuat gambar, bermain warna, dan peta untuk menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Dia suka membaca, suka menulis, suka mencoret-coret kertas, lebih menyukai membaca cerita dibandingkan mendengar cerita, cepat dalam melakukan penjumlahan atau perkalian, pintar dalam mengeja kata, dan sering mencatat segala yang diperintahkan.


Pembelajar tipe ini dapat dengan mudah memvisualisasikan benda, rencana dan hasil pikiran mata. Juga memiliki kemampuan yang baik tentang tata ruang sehingga mudah memahami peta.


Untuk mengajar pembelajar visual, gunakan foto, gambar, warna dan media visual lainnya untuk membantu belajar. Pakai alat tulis (spidol, kapur dll) minimal empat warna.

Banyak menggunakan “kata visual” dalam ungkapan. Contohnya: lihat, gambar, perspektif, visual, dan peta.


Gunakan peta pikiran (mind map) untuk memberikan penjelasan atau membuat catatan. Gunakan diagram sistem membantu memvisualisasikan hubungan antara bagian-bagian dari sistem.

Pakailah teknik bercerita tertentu dapat membantu pembelajar tipe ini untuk menghafal materi yang tidak mudah untuk “dilihat”.

Beberapa profesi yang sebagian besar menggunakan gaya visual adalah seni visual, arsitektur, fotografi, video atau film, desain, perencanaan (khususnya yang strategis), dan navigasi.



2. Gaya Auditori/Aural


Pembelajar tipe ini suka belajar atau bekerja dengan suara dan musik. Memiliki sensitifitas dalam nada dan ritme. Biasanya bisa bernyanyi, memainkan alat musik, atau mengenali suara dari berbagai instrumen. Musik tertentu memiliki pengaruh kuat ke emosinya.


Untuk pembelajar dengan gaya belajar auditori gunakan banyak suara, irama dan musik. Bacakan materi menggunakan suara yang keras, membuat sesi tanya jawab, berdiskusi, sambil mendengarkan musik ataupun bekerja secara kelompok

Gunakan mnemonic (jembatan keledai) dengan ritme menarik atau jingle lagu untuk menghafalkan sesuatu.

Perlu pemanfaatan konten yang menggunakan suara dalam asosiasi dan visualisasi. Misalnya suara binatang ketika belajar mengenai biologi, suara mesin ketika belajar kecepatan di fisika dll.



3. Gaya Kinestetik/Physical


Gaya Belajar ini lebih banyak belajar melalui melakukan sesuatu secara langsung (bergerak, bekerja dan menyentuh)

Siswa yang memiliki gaya belajar ini mengharuskan individu yang bersangkutan melakukan suatu aksi yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingat atau memahami sesuatu.


Pembelajar kinestetik tak tahan duduk berlama-lama mendengarkan pelajaran dan merasa bisa belajar lebih baik jika prosesnya disertai kegiatan fisik. Kelebihannya, mereka memiliki kemampuan mengkoordinasikan sebuah tim disamping kemampuan mengendalikan gerak tubuh (athletic ability). Tak jarang, siswa yang cenderung memiliki karakter ini lebih mudah menyerap dan memahami informasi dengan cara menjiplak gambar atau kata untuk kemudian belajar mengucapkannya atau memahami fakta.



Pembelajar karakteristik ini dianjurkan untuk belajar melalui pengalaman dengan menggunakan berbagai model peraga, seperti bekerja di lab atau belajar di alam atau sambil bermain. Perlu juga secara berkala mengalokasikan waktu untuk sejenak beristirahat di tengah waktu belajarnya.

Usahakan membuat sesi pembelajaran yang melibatkan kegiatan fisik seperti drama, membaca puisi, atau permainan sederhana.




09 September 2009

24 Tips Menempuh Kehidupan


  • Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya, karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah. Semoga kamu menemukan orang seperti itu.



  • Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.




  • Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan,karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.



  • Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk membuatmu baik hati, cobaan yang cukup untuk membuatmu kuat, kesedihan yang cukup untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup untuk membeli hadiah-hadiah.



  • Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.



  • Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.




  • Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita milik sampai kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.



  • Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itupula.



  • Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkahi.



  • Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cinta menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan.Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia.




  • Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.



  • Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu.



  • Hanya diperlukan waktu semenit untuk menaksir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang.



  • Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka.



  • Cinta adalah jika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika da masih tetap peduli padanya.




  • Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya.



  • Cinta dimulai dengan sebuah senyuman, bertumbuh dengan sebuah ciuman dan berakhir dengan tetesan air mata.



  • Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya.



  • Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu,tetapi yang lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan tidak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan cintamu kepadanya.




  • Masa depan yang cerah selalu tergantung kepada masa lalu yang dilupakan, kamu tidak dapat hidup terus dengan baik jika kamu tidak melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.



  • Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba, jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.



  • Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu! Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh dihatimu.



  • Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya. Namun demikian janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.




  • Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang disekelilingmu tersenyum - jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang disekelilingmu menangis.
  • 08 September 2009

    Mengenal Rahasia Khasiat Tanaman Pepaya



    Klasifikasi

    Divisi : Spermatophyta

    Sub Divisi : Angiospermae

    Kelas : Dicotyledonae

    Bangsa : Cistales

    Suku : Caricaceae

    Marga : Carica

    Jenis : Carica papaya L

    Nama umun/ dagang : Pepaya




    Nama daerah


    Sumatera : Rente (Acen) Pertek (Gayo) Pastela (Balak) Embelik (Karo) Botik (Balak Toba} Bala (Nias} Sikailo (Mentawai) Kates (Palembang) Kalikih (Minangkabau) Gedang (Lampung)

    Jawa : Gedang (Sunda) Kates (Jawa Tengah) Kates (Madura)

    Bali : Gedang

    Kalimantan : Kustela (Banjar} Bua medung (Dayak busang} Buah dong (Dayak Kenya)

    Nusa Tenggara: Kates (Sasak) Kampaya (Bima) Kala jawa (Sumbawa) Padu (Flores)

    Sulawesi : Papaya (Gorontalo) Papaya (Buol) Kaliki (Baree) Papaya (Manado) Unti Jawa (Makasar) Kaliki riaure (Bugis)

    Maluku : Papai (Buru) Papaya (Halmahera) Papae (Ambon) Palaki (Seram) Kapaya (Tidore) Tapaya (Ternale)

    Irian : Ihwarwerah (Sarmi) Siberiani (Windesi)



    Deskripsi

    Habitus : Perdu, tinggi ± 10 m.

    Batang : Tidak berkayu, silindris, berongga, putih kotor.

    Daun : Tunggal, bulat, ujung runcing, pangkal bertoreh, tepi bergerigi, diameter 25-75 cm, pertulangan menjari, panjang tangkai 25-100 cm, hijau.

    Bunga : Tunggal, bentuk bintang, di ketiak daun, berkelamin satu atau berumah dua. Bunga jantan terletak pada landan yang serupa malai, kelopak kecil, kepala

    sari berlangkai pendek atau duduk, kuning, mahkota bentuk terompet, tepi bertaju lima, bertabung panjang, putih kekuningan Bunga betina berdin sendiri, mahkota lepas, kepala putik lima, duduk, Bakal buah beruang satu, put

    ih kekuningan.

    Buah : Buni, bulat memanjang, berdaging, masih muda hijau setelah tua jingga.

    Biji : Bulat atau bulat panjang, kecil, bagian luar dibungkus selaput yang berisi cairan, masih muda putih setelah tua hitam.

    Akar : Tunggang, bercabang , bulat, putih kekuningan.



    Khasiat

    Daun Carica papaya berkhasiat sebagai obat malaria dan menambah

    nafsu makan. Akar dan bijinya berkhasiat sebagai obat cacing, getah

    buahnya berkhasiat sebagai obat memperbaiki pencernaan.

    Untuk obat malaria dipakai ± 100 gram daun segar Carica papaya, dicuci

    lalu ditumbuk sampai lumat, ditambahkan 1 gelas air matang, diperas dan

    disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.


    Kandungan kimia

    Daun, akar dan kulit batang Carica papaya mengandung alkaloida,

    saponin dan tlavonoida, di samping itu daun dan akar juga mengandung

    politenol dan bijinya mengandung saponin.

    Mengenal Rahasia Khasiat Tanaman Mengkudu




    Botani/Klasifikasi

    Divisi : Spermatophyta
    Sub divisi : Angiospermae
    Kelas : Dicotyledonae
    Bangsa : Rubiales
    Suku : Rubiaceae
    Marga : Morinda
    Jenis : Morinda citrifolia L.

    Nama umum/dagang : Mangkudu

    Nama daerah

    Sumatera : Keumudu (Aceh) Leodu (Enggano) Bakudu (Batak) Bangkudu (Batak Toba) Bangkudu (Angkola) Paramai (Mandailing) Makudu (Nias) Neteu (Mentawai) Bingkudu (Minangkabau) Mekudu (La'mpung) Bengkudu (Melayu)
    Jawa : Pace (Jawa Tengah) Cangkudu (Sunda) Kuduk (Madura)
    Bali : Wungkudu
    Kalimantan : Mangkudu (Dayak Ngaju)
    Nusa Tenggara: Aikombo (Sumba) Manakudu (Roti) Bakulu (Timor)

    Deskripsi
    Habitus : Pohon, tinggi 4-8 m.

    Batang : Berkayu, bulat, kulit kasar, percabangan monopodial, penampang cabang muda segi empat, coklat kekuningan.

    Daun : Tunggal, bulat telur,ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 10-40 cm, Iebar5-17 cm, pertulangan menyirip, tangkai pendek, daun penumpu bulat telur, panjang 1 cm, hijau.

    Bunga : Majemuk. bentuk bongkol, bertangkai. di ketiak daun, benang sari lima, melekat pada tabung mahkota, tangkai sari berambut, tangkai bakal buah panjang 3-5 cm, hijau kekuningan, mahkota bentuk terompet, leher berambut, panjang ± 1 cm, putih.

    Buah : Bongkol, permukaan tidak teratur, berdaging, panjang 5-10 cm, hijau kekuningan.
    Biji : Keras, segi tiga, coklat kemerahan.
    Akar : Tunggang, coklat muda

    Kandungan kimia
    Daun dan buah Morinda citrifolia mengandung alkaloida, saponin, flavonoida
    dan antrakinon, di samping itu daunnya juga mengandung politenol.


    Khasiat
    Buah dan daun Morinda cithtolia berkhasiat sebagai obat batuk dan obal
    radang usus, daunnya berkhasiat sebagai obat masuk angin, obat amandel,
    obat mulas dan obat kencing manis.

    Cara Pakai
    Untuk obat batuk dipakai ± 100 gram buah segar Morindacitritotia yang
    sudah masak, dicuci, ditumbuk sampai halus, ditambah 1/4 gelas air matang,
    isendok teh cukg dan 1 gram garam, diaduk sampai rata, diperas dan
    disaring. Hasil saringan diminum sehari tiga kali sama banyak pagi, siang
    dan sore.

    Mengenal Khasiat Tanaman Sirih (Piper betle)







    Botani

    Sinonim : Cnavica auriculata Miq.; C. betle Miq.


    Klasifikasi

    Divisi : Spermatophyta

    Sub divisi : Angiospermae

    Kelas : Dicotyledonae

    Bangsa : Diperales

    Suku : Diperaceae

    Marga : Piper

    Jenis : Piper belle L.



    Nama umum/dagang : Sirih


    Nama daerah

    Sumatera : Ranub (Aceh) Sereh (Gayo) Belo (Batak) Burangir (Mandailing) Aho (Nias) Cabai (Mentawai) Siho (Kerinci) Sirih (Palembang) Sirieti (Minangkabau) Cambai (Lampung) Furukl Jwe(Enggano)

    Jawa : Seureuh (Sunda) Suruh (Jawa Tengah)

    Bali : Base

    Nusa Tenggara : Leko (Sasak) Nahi (Bima) Kowak (Sumba) Mengi (Ende) Malu (Solor) Maio (Alor)

    Sulawesi : Doniile (Gorontalo) Parigi (Toli-toli) Gamnjeng (Makasar)

    Maluku : Gies (Halmahera) Bido (Ternate)


    Deskripsi

    Habitus : Perdu, merambat.

    Batang : Berkayu, bulat, berbuku-buku, beralur, hijau.

    Daun : Tunggal, bulal panjang, pangkal bentuk jantung, ujung meruncing, tepi rata, panjang 5-8 cm, lebar 2-5 cm, bertangkai, permukaan halus, pertulangan menyirip, hijau, hijau tua.

    Bunga : Majemuk, bentuk bulir, daun pelindung ± 1 mm, benluk bulat panjang, bulir jantan panjang 1,5-3 cm, benang sari dua, pendek, bulir betina panjang 1,5-6 cm, keiapa pulik tiga sampai lima, putih, hijau kekuningan.

    Buah : Buni, bulat, hijau keabu-abuan.

    Akar : Tunggang, buiat, coklal kekuningan.


    Khasiat

    Daun Piper betle berkhasiat sebagai obat hidung berdarah, obat bisul,

    obat batuk, obat seriawan dan obat sakit mata.

    Untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle,

    dicuci, diguluung kemudian dimasukkan ke dalam iubang hidung.


    Kandungan kimia

    Daun Piper betle mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, di

    samping minyak atsiri.

    Mengenal RAhasia Berbagai Jenis Tanaman Obat Keluarga (Herbal)

    I. PENDAHULUAN

    Konsep TAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) masih belum banyak dilakukan di lingkungan Sekolah . Umumnya program ini dilakukan di tingkat Kelurahan dan tingkat posyandu yang tersebar di pelosok nusantara.

    Adapun jenis tanaman yang ada , sekitar 80 jenis tanaman yang lazim dibudidayakan di pekarangan rumahan , dan 20 jenis diantaranya telah dianjurkan oleh Departemen Kesehatan ( Depkes) sebagai Taman Obat Keluarga ( TOGA ) . Salah satu dari ke 20 jenis tanaman adalah jeruk nipis , lengkapnya bawang merah , laos , serai , belimbing wuluh , cabai , pepaya , kunyit , temulawak , kencur ,pisang , sirih , jambu biji , delima , daun inggu , turi , asam jawa , jahe , temuhitam , dan bangle .

    Kalau beberapa jenis di antara tanaman anjuran itu sukar diperoleh, dapat diganti dengan jenis tanaman lain. Tanaman pengganti yang dianjurkan antara lain , saga manis , dringo , belimbing manis ,sukun , kelor , salam , sembung , trengguli. Dalam kehidupan sehari-hari tanaman ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seperti sebagai sumber sayur , bumbu masak , bahan ramuan obat dan perawatan kecantikan .

    Buku ini dimaksudkan agar anak-anak kita memiliki lebih banyak pengetahuan tentang tanaman berkhasiat obat sehingga dengan demikian sejak dini sudah tertanaman dalam hati sanubarinya untuk memelihara keanekaragaman hayati bangsanya yang konon kabarnya terbesaar ke – 2 sedunia itu .

    Buku ini berisi tentang pengenalan tentang latar belakang tanaman potensial BABANDOTAN baik sebagai bahan obat maupun komoditas pertanian unggulan yang sedang dikembangkan di Indonesia . Buku ini mengajak anak-anak didik untuk dapat secara mandiri menggali potensi tanaman yang hidup disekitar sekolah dan mengumpulkan dan mengidentifikasi serta memetakan kekayaan keaneka ragaman hayati dalam catatannya sendiri . Selanjutnya didorong untuk mampu menanam dan merawat hingga menghasilkan dan memetik hasil panennya sendiri .

    Apabila pihak terkait seperti Departemen Kesehatan mau menindak lanjuti kegiatan ini , maka dapat disengaja kegiatan dokumentasi mandiri bagi daerah berisi potensi kekayaan hayati khususnya tanaman obat teridentifikasi oleh para pelajar dibantu guru dengan pemandu dan penggerak dari PUSKESMAS.Hasil dokumentasi akan di kumpulkan di DINAS KESEHATAN setempat ,untuk seterusnya akan di buat Buku Kajian Kesehatan Memanfaatkan Ramuan Alami oleh masyarakat setempat untuk atasi berbagai gangguan kesehatan . Bagi LSM Pemberdayaan dapat memanfaatkan untuk kajian peningkatan kesejahteraan keluarga melalui penanaman dan pengumpulan berbagai jenis tanaman obat serta diolah untuk dapat dimanfaatkan baik bagi pengobatan maupun untuk dijual ke sentra-sentra pasar tradisional setempat . Maka sebagai kegiatan yang melibatkan berbagai unsure masyarakat , selayaknya mulai mendirikan semacam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang dikelola oleh Ibu-Ibu pengerak PKK atau Karang Taruna.



    II. MENGENAL HERBAL - Tanaman Babadotan (Ageratum conyzoides)

    Botani/Klasifikasi

    Divisi : Spermatophyta
    Sub divisi : Angiospermae
    Kelas : Dicotyledonae
    Bangsa : Asterales
    Suku : Asteraceae
    Marga : Ageratum
    Jenis : Ageratum conyzoides L.

    Nama umum/dagang : Babandotan

    Nama daerah
    Sumatera : Bandotan (Melayu)
    Jawa : Babandotan (Sunda) Bandotan {Jawa) Dus bedusan (Madura)

    Deskripsi
    Habitus : Herba, 1 tahun, tinggi 10-120 cm.
    Batang : Tegak atau terbaring.
    Daun : Tunggal, bulat telur, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi beringgit, panjang 3-4 cm, lebar 1-2,5 cm, pertulangan menyirip, tangKai pendek, hijau.
    Bunga : Majemuk, di ketiak daun, bongkol menyatu menjadi karangan, bentuk malai rata, panjang 6-8 mm, tangkai berambut, ke'opak berbulu, hijau, mahkola bentuk lonceng, putih atau ungu.
    Buah : Padi, bulat panjang, bersegi lima, gundul atau berambut jarang, hitam.
    Biji : Kecil, hitam.
    Akar : Tunggang, putih kotor.

    Khasiat
    Daun Ageratum conyzoides berkhasiat sebagai obat luka baru dan obat wasir,
    Untuk obat luka baru dipakai + 5 gram daun segar Ageratum conyzoides,
    dicuci dan ditumbuk sampai lumat, ditempelkan pada luka dan dibalut.

    Kandungan kimia
    Daun dan bunga Ageratum conyzoides mengandung saponin, flavonoida
    dan polifenol, di samping itu daunnya juga mengandung minyak atsiri.

    IV. KESIMPULAN
    Herbal Indonesia sangat populer di mancanegara antara lain temulawak , jahe merah , cengkeh , sambiloto , meniran dan masih banyak lagi .Melalui pengenalan herbal ini , anak-anak mulai memahami betapa berguna dan bermanfaat herbal kita untuk penyembuhan berbagai gangguan kesehatan dan bagaimana cara menanam dan memelihara dengan mudah.

    V. PENUTUP
    Mempelajari herbal Indonesia tidaklah sukar namun juga tidak mudah.Tidak sukar karena beberapa jenis herbal ini sudah sangat populer dikalangan praktisi Pengobatan Tradisional Indonesia dan banyak dijumpai di sekitar kita.Tidak mudah karena walau mudah dijumpai di sekitar kita , namun jika tidak ada usaha yang keras dan diperkenalkan untuk dipelajari dari sejak kecil , maka sia-sialah kekayaan alam ini hanya diangkuti ke luar negeri dan bukan dimanfaatkan oleh kita sendiri untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan . Maka BUKU : AKU SUKA HERBAL INDONESIA adalah salah satu dari perenungan Penulis akan hal itu walau sangat kecil pengaruhnya , namun paling tidak sudah menciptakan “ mata rantai “ itu yang kelak akan menjadi rantai panjang mengukir kemasyuran herbal Indonesia di seluruh dunia.

    Selamat membuka lembaran baru herbal Indonesia dengan hadirnya ahli-ahli muda dari negeri kita, yang sejak kecil sudah dikenalkan dan kelak menjadi penyelamat keanekaragaman hayati bangsa Indonesia .

    04 September 2009

    Rahasia Menghadapi UAN

    UAN atau Ujian Akhir Nasional siap diselenggarakan besok. kurang dari 24 jam lagi teman-teman harus berjuang. Sudah siapkah teman2??
    Berikut ini beberapa tips menghadapi UAN yang kurang sebentar lagi:

    1. Inti dari apa yang kita lakukan adalah niat. Siapkan niat kita baik2 untuk menghadapi ujian. dan niatkan untuk lulus ujian. Yakinkan dan niatkan bahwa kita bisa, sukses, lulus!!. karena dengan niat akan menguatkan mental kita, keyakinan kita dan kepercayaan kita, kalau mentalnya sudah siap, tubuh pun akan mengikuti keyakinan dan kekuatan mental.
    2. Berdoa. berdoa adalah salah satu yang utama. dengan do’a kita bisa mendapatkan kekuatan.
    3. Mohon do’a restu orang tua, terutama ibu. juga restu dari bapak-ibu guru.
    4. Jangan belajar mulai dari sekarang!! uian tinggal beberapa jam lagi, jangan penuhi lagi otak kamu dengan hapalan2 rumus2, hapalan grammar, dll. Teman-teman pasti sudah mempersiapkan kan semua pelajaran mulai dari sebulan yg lalu, setahun yang lalu, bahkan dari 3 tahun yg lalu? sudah cukup, jangan belajar untuk UAN mulai dari sekarang. jalan2 lah mencari ketenangan, suasana yang tenang untuk mengistirahatkan otak, boleh main2 kemana, tapi ya jangan kecapean… bisa barabe besok pagi.
    5. tak lupa persiapakan alat2 tulis, dan segala perlengkapan dengan baik.

    Akhirnya, selamat menempuh Ujian Akhir Nasional !! Sukses Bro & Sist!!