30 Juni 2009

ObjectDock 1.90 Build 536

DOWNLOAD

"A whole new Taskbar"







  • Version reviewed: ObjectDock 1.90 Build 536


Jealous of that slick Mac interface? Check out ObjectDock, a free utility that replaces the Windows Taskbar with a colorful, animated dock similar to the taskbar in Mac OS X.

ObjectDock displays icons for currently running applications and can hold quick-launch icons for your favorite programs. As you pass the cursor over each icon, ObjectDock magnifies it and displays relevant information, helping you find what you need even when you're running several programs at once. An attractive clock rounds out the toolbar. The tiny utility comes with a dozen attractive skins, and users with slow computers can reduce the animation quality to increase speed.

There is one major drawback: the lack of a system tray. There is a free, imperfect docklet plug-in available from a third-party provider that valiantly tries to remedy the problem, although it's a bit buggy. You can also upgrade to the Plus edition for $20, which includes system tray support, tabbed docks, support for multiple docks and multiple monitors, and other features.

If you're dissatisfied with the Windows Taskbar or just want to spice up your Desktop, ObjectDock makes a very good, no-risk choice.


DOWNLOAD

18 Juni 2009

Blog Anda Sudah Punya Slogan dan Tagline?

blog-anda-sudah-punya-slogan-dan-taglineSebelum membahas tentang slogan dan tagline, bagi anda yang telah menyelesaikan game pada posting sebelumnya, anda bisa lihat jawabannya di gambar sebelah. Sederhana kan?

Asal kita kreatif dan tak berhenti ACTION, PASTI selalu ada jalan atas masalah yang tengah kita hadapi.

Lanjut ke pembahasan kali ini yaitu mengenai tagline dan slogan blog. Sudahkah blog anda memiliki keduanya?

Setelah punya nama blog, aspek penting dari blog yang tak bisa anda tinggalkan adalah tagline dan slogan. Keduanya berbeda namun memiliki fungsi saling terkait dan saling menguatkan untuk branding dan positioning blog anda.

Sebentar… sebelum masuk terlalu jauh, saya ambilkan contoh yang sangat familiar dengan anda. Anda tahu kan tagline “the power of dream”, “connecting people”, atau “lebih cepat, lebih baik!”? Atau slogan “lanjutkan!”, “ayo maju!”, dan “ayo ke bank!”.

Memang tak semua produk/jasa memiliki tagline dan slogan. Ada yang hanya punya tagline saja. Ada yang hanya memiliki slogan saja. Banyak pendapat juga yang menyamakan antara tagline dan slogan.

Namun saya cenderung membedakannya. Tagline menggambarkan kelebihan produk atau fokus layanan. Sementara slogan sifatnya mengajak dan biasanya memiliki tujuan spesifik. Secara usia, tagline biasanya berumur lebih lama dibanding slogan.

Nah kembali ke tagline dan slogan blog, keduanya perlu dimiliki untuk memperkuat identitas blog anda. Sebagai contoh di blog JokoSusilo.com memiliki tagline “Saatnya tekuni bisnis internet lebih serius…”. Membaca tagline tersebut, pengunjung sedikit banyak akan langsung menangkap kalau isi utama blog saya adalah soal bisnis internet.

Lalu slogan blog JokoSusilo.com adalah “Stop DREAMING, Start ACTION!”. Slogan tersebut merupakan bentuk ajakan saya kepada anda semua untuk segera ACTION berbisnis internet. Mengingat banyak sekali orang yang banyak memiliki angan-angan, namun sedikit yang mengimbanginya dengan ACTION! Banyak yang ingin berbisnis internet, namun keinginan itu hanya diinginkan saja dan bukan diwujudkan dalam tindakan.

Sejumlah rekan pun sudah memiliki tagline seperti blog Mas Winarno dengan “Ikuti Kata hatimu… untuk meraih sukses tanpa henti”. Dan di blog Mas Ahmad Wasim dengan “Seputar Bisnis Internet dan Tips-Tips Sistem dan Strategi Marketing”.

Bagaimana membuat tagline dan slogan blog?

Tagline berhubungan dengan brand blog anda. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tagline blog, yaitu seperti apa kepribadian anda, apa topik utama blog anda, serta siapa pembaca blog anda. Sementara slogan berkaitan dengan kampanye apa yang sedang anda suarakan.

Yang jelas, dalam membuat tagline atau slogan, kalimatnya harus singkat, jelas, dan bermakna agar mudah diingat!

Apakah semua blog perlu tagline dan slogan?

Minimal memiliki salah satunya. Dan kalau pun memiliki keduanya, harus tidak bertabrakan atau terjadi kontradiksi antara tagline dan slogan.

Bagaimana dengan blog anda? Anda mau latihan membuat tagline atau slogan untuk blog anda? Silakan tuliskan dalam kotak komentar. Sampaikan juga pendapat anda tentang posting ini.

Oh ya… ada satu kabar untuk anda. Besok tanggal 18 Juni ‘09 saya akan posting sebuah pengumuman menarik. Saya jamin ini akan menjadi berita menggemparkan untuk anda semua. Dijamin. Silakan ditunggu!

Salam ACTION!

Blog Anda Sudah Punya Slogan dan Tagline?

blog-anda-sudah-punya-slogan-dan-taglineSebelum membahas tentang slogan dan tagline, bagi anda yang telah menyelesaikan game pada posting sebelumnya, anda bisa lihat jawabannya di gambar sebelah. Sederhana kan?

Asal kita kreatif dan tak berhenti ACTION, PASTI selalu ada jalan atas masalah yang tengah kita hadapi.

Lanjut ke pembahasan kali ini yaitu mengenai tagline dan slogan blog. Sudahkah blog anda memiliki keduanya?

Setelah punya nama blog, aspek penting dari blog yang tak bisa anda tinggalkan adalah tagline dan slogan. Keduanya berbeda namun memiliki fungsi saling terkait dan saling menguatkan untuk branding dan positioning blog anda.

Sebentar… sebelum masuk terlalu jauh, saya ambilkan contoh yang sangat familiar dengan anda. Anda tahu kan tagline “the power of dream”, “connecting people”, atau “lebih cepat, lebih baik!”? Atau slogan “lanjutkan!”, “ayo maju!”, dan “ayo ke bank!”.

Memang tak semua produk/jasa memiliki tagline dan slogan. Ada yang hanya punya tagline saja. Ada yang hanya memiliki slogan saja. Banyak pendapat juga yang menyamakan antara tagline dan slogan.

Namun saya cenderung membedakannya. Tagline menggambarkan kelebihan produk atau fokus layanan. Sementara slogan sifatnya mengajak dan biasanya memiliki tujuan spesifik. Secara usia, tagline biasanya berumur lebih lama dibanding slogan.

Nah kembali ke tagline dan slogan blog, keduanya perlu dimiliki untuk memperkuat identitas blog anda. Sebagai contoh di blog JokoSusilo.com memiliki tagline “Saatnya tekuni bisnis internet lebih serius…”. Membaca tagline tersebut, pengunjung sedikit banyak akan langsung menangkap kalau isi utama blog saya adalah soal bisnis internet.

Lalu slogan blog JokoSusilo.com adalah “Stop DREAMING, Start ACTION!”. Slogan tersebut merupakan bentuk ajakan saya kepada anda semua untuk segera ACTION berbisnis internet. Mengingat banyak sekali orang yang banyak memiliki angan-angan, namun sedikit yang mengimbanginya dengan ACTION! Banyak yang ingin berbisnis internet, namun keinginan itu hanya diinginkan saja dan bukan diwujudkan dalam tindakan.

Sejumlah rekan pun sudah memiliki tagline seperti blog Mas Winarno dengan “Ikuti Kata hatimu… untuk meraih sukses tanpa henti”. Dan di blog Mas Ahmad Wasim dengan “Seputar Bisnis Internet dan Tips-Tips Sistem dan Strategi Marketing”.

Bagaimana membuat tagline dan slogan blog?

Tagline berhubungan dengan brand blog anda. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tagline blog, yaitu seperti apa kepribadian anda, apa topik utama blog anda, serta siapa pembaca blog anda. Sementara slogan berkaitan dengan kampanye apa yang sedang anda suarakan.

Yang jelas, dalam membuat tagline atau slogan, kalimatnya harus singkat, jelas, dan bermakna agar mudah diingat!

Apakah semua blog perlu tagline dan slogan?

Minimal memiliki salah satunya. Dan kalau pun memiliki keduanya, harus tidak bertabrakan atau terjadi kontradiksi antara tagline dan slogan.

Bagaimana dengan blog anda? Anda mau latihan membuat tagline atau slogan untuk blog anda? Silakan tuliskan dalam kotak komentar. Sampaikan juga pendapat anda tentang posting ini.

Oh ya… ada satu kabar untuk anda. Besok tanggal 18 Juni ‘09 saya akan posting sebuah pengumuman menarik. Saya jamin ini akan menjadi berita menggemparkan untuk anda semua. Dijamin. Silakan ditunggu!

Salam ACTION!

15 Juni 2009

6 Cara Sederhana Menumbuhkan Kreativitas untuk Memajukan Bisnis Internet Anda

Saya masih teringat saat mengawali bisnis internet. Waktu saya utarakan niat saya “menjual informasi” lewat internet, rekan-rekan saya tertawa. Menjual informasi mungkin mereka anggap bisnis yang “aneh”. Padahal, selain secara online “menjual informasi” sudah lama dilakukan oleh orang-orang di luar sana, di sekitar kita sendiri secara offline “menjual informasi” sudah lama dilakukan baik dalam bentuk koran, majalah, tabloid, buku, dan lainnya.

Inti yang ingin saya tegaskan adalah pentingnya kreativitas dalam hidup. Entah apapun kondisi anda saat ini. Mungkin anda masih berstatus sebagai karyawan atau sudah memulai bisnis internet, kreativitas sangat menentukan keberhasilan anda di masa mendatang. Kreativitas yang membuat yang belum ada menjadi ada. Dan yang sudah ada menjadi jauh lebih baik lagi.

Lalu bagaimana memompa energi kreatif dalam diri anda?

Silakan simak beberapa kiat sederhana menjadi kreatif berikut ini:

  • Beri tenggat waktu. Ini kiat sederhana pertama. Beri tenggat waktu atas tugas anda dan itu wajib anda penuhi. Setiap mendekati deadline (tenggat waktu) tugas, saat itulah adrenalin kita akan meningkat dan biasanya ide-ide baru akan mengalir lancar. Kita akan berupaya sekuat tenaga memenuhi deadline. Sehingga pikiran akan berupaya mencari jalan tercepat menyelesaikannya.
  • Setel musik. Bagi yang suka musik, dengarkan musik favorit anda. Seperti misal lagu Never Leave Your Heart Alone di blog Bu Titik. Biarkan pikiran anda menari-nari. Apa saja ide yang anda dapat? Catat!
  • Rileks sejenak. Waktu pikiran terasa mampet, relakslah sebentar. Main playstation bareng anggota keluarga sering saya lakukan. Beri kesempatan pikiran anda untuk relaks.
  • Nikmati hobi anda. Seperti memancing yang biasa saya lakukan saat waktu senggang. Sambil menunggu umpan dimakan ikan, ide-ide segar dari kepala saya mengucur lancar. Anda pun bisa melakukannya. Apakah anda suka memelihara tanaman, bermain sepakbola, membaca, atau apapun hobi anda, nikmatilah untuk membuat anda lebih kreatif.
  • Tanyakan pada anak kecil. Sederhanakan persoalan yang tengah anda hadapi dan tanyakan pada anak kecil. Anda akan takjub terkadang jawaban-jawaban mereka begitu brilian. Simpel namun mengena untuk menyelesaikan persoalan.
  • Berdoa dan ACTION. Berdoa itu akan membuat anda lebih kreatif. Coba anda lakukan doa dengan sungguh-sungguh. Lalu barengi dengan ACTION. Kata Pak Haji Mohamsa Ramly, bekerjalah dengan penuh minat dan doa yang kuat.

Sebagai penutup, ada sebuah game sederhana. Lihat sembilan lingkaran kecil di bawah. Tugas anda adalah menghubungkan kesembilan lingkaran kecil itu dalam empat garis bersambung tanpa putus.

O O O

O O O

O O O

Silakan anda coba pecahkan dengan melakukannya di atas kertas. Kalau anda sudah berhasil melakukannya dalam empat garis, lanjutkan dengan mencobanya dalam tiga garis.

Bagaimana? Bisa kan?

12 Juni 2009

7 Catatan Kecil tentang Produk Gagal

Ketika produk diluncurkan, tentunya tak ada yang mengelak kalau harapannya hanya satu: penjualan meledak dan laku keras. Kalau bisa sepanjang waktu penjualannya terus meningkat dan meningkat. Sampai menjadi penghasilan pasif yang terus mengalir sepanjang waktu.

Sayangnya tak semua produk mengalami nasib seperti itu. Ada yang tak begitu laris, lalu perlahan menghilang bahkan sebelum dikenal pasar secara luas. Mengapa bisa begitu?

Berikut catatan kecil saya tentang produk yang tidak mampu bertahan di pasar:

  • Iklan tidak efektif. Iklan yang salah sasaran hampir bisa dipastikan menjadi promo yang tak efektif. Sebab, itu seperti menawarkan produk kepada orang yang tak membutuhkan.
  • Positioning produk tidak tepat. Salah pilih posisi untuk positioning produk anda serta berbagai alat promosinya seperti blog misalnya, bisa berakibat fatal untuk bisnis anda.
  • Tidak didesain baik. Bagi pemilik produk, cover produk yang baik dapat meningkatkan daya tarik produk. Sebaliknya bila kurang baik, bisa membuat ketertarikan pengunjung pun berkurang. Mengenai cover, bisa dilihat di blognya Mas Agung.
  • Harapan pasar terlampau tinggi. Produknya mungkin bagus. Namun pasar menginginkan lebih dari yang ada. Pasar menaruh harapan yang terlampau tinggi terhadap produk tersebut sehingga ketika harapan pasar tak mampu dipenuhi, pasar menjadi kecewa.
  • Kurang ide dan biaya. Mungkin bisa karena ide pengembangan yang kurang atau biaya pengembangan produk yang terlampau mahal. Dalam pengembangan sebuah produk, tanpa kesiapan kedua hal tadi bisa memperpendek usia produk. Biaya pengembangan meliputi biaya riset dan analisis produk lanjutan.
  • Persaingan terlampau keras. Masuk ke dalam niche yang sudah begitu padat yang diisi para pebisnis internet besar, namun tanpa dibarengi kesiapan yang cukup, bisa membuat produk anda sulit berkembang. Untuk mengantisipasinya, baca Tips Bertahan Dan Memenangkan Persaingan Di Bisnis Internet di blog Mas Zams dan di sini.
  • Perubahan arah teknologi. Bila produk anda berhubungan dengan teknologi yang berkembang cepat, anda harus awas memperhatikannya. Bila tidak, produk anda akan cepat kadaluarsa.

Ketujuh penyebab di atas hanya sekedar catatan kecil saya terhadap penyebab produk yang belum diterima pasar. Sama sekali bukan bermaksud untuk membuat anda berpikir ulang atau menghentikan langkah anda untuk ACTION. Tetap lanjutkan langkah anda dan mulai rintis bisnis internet anda dari sekarang.

Di luar ketujuh hal di atas, mungkin masih banyak lagi. Silakan anda tambahkan dengan mengisi komentar. Salam ACTION!

11 Juni 2009

Tips Mempercepat Mozilla Firefox Anda Saat Browsing

Firefox.. salah satu browser open source yang paling yahud saat ini menurut saya. bahkan melebihi Internet Explorer bagi saya. Nah.. saya akan memberikan sedikit trik mengenai cara mempercepat Firefox anda dalam browsing di internet dengan seidikit tweak..

Warning : Saya tidak menyarankan untuk melakukan tweaking firefox anda. Tweaking ini sendiri dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi bukan sembarang tweaking, namun resiko ditanggung sendiri karena setelah tweaking tidak ada opsi untuk mengembalikan settingan default firefox anda.

1. Untuk mempercepat browsing :

  1. Ctrl+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .com. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.yahoo.com” jadi ketiklah “yahoo” kemudian klik ctrl+enter
  2. Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .net. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.telkom.net” jadi ketiklah “telkom” kemudian klik shif+enter
  3. Ctrl+Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .org. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.dikti.org” jadi ketiklah “dikti” kemudian klik Ctrl+Shift+Enter

2. Tweeking Firefox :

  1. Ketik “about:config” di firefox anda kemudian enter
  2. Maka akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox
  3. Untuk merubahnya, klik 2 kali dan masukkan data perubahannya
  4. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.

- Untuk pengguna DSL :

  1. Set “network.http.pipelining : true”
  2. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
  3. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64″
  4. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

- Untuk pengguna ADSL :

  1. Set “network.http.max-connections : 64″
  2. Set “network.http.max-connections-per-server : 21″
  3. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 8″
  4. Set “network.http.pipelining : true”
  5. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 100″
  6. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
  7. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″

- Untuk pengguna Dial Up

  1. Set “browser.cache.disk_cache_ssl : true”
  2. Set “browser.xul.error_pages.enabled : true”
  3. Set “network.http.max-connections : 32″
  4. Set “network.http.max-connections-per-server : 8″
  5. Set “network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8″
  6. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 4″
  7. Set “network.http.pipelining : true”
  8. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 8″
  9. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
  10. Set “plugin.expose_full_path : true”
  11. Set “signed.applets.codebase_principal_support : true”
  12. Set “content.interrupt.parsing : true”
  13. Set “content.max.tokenizing.time : 3000000″
  14. Set “content.maxtextrun : 8191″
  15. Set “content.notify.backoffcount : 5″
  16. Set “content.notify.interval : 750000″
  17. Set “content.notify.ontimer : true”
  18. Set “content.switch.threshold : 750000″

5 Tips Menulis Iklan Online yang Efektif Mendatangkan Penjualan

Saat anda memulai bisnis internet, salah satu hal penting adalah berpromosi. Baik berpromosi secara online maupun offline. Di online, cara promosinya beraneka rupa. Baik yang menggunakan iklan berbayar maupun non berbayar.

Nah, saat anda menuliskan iklan, kemampuan anda dalam copywriting atau menuliskan iklan menjadi sangat penting. Karena itu menentukan apakah nantinya iklan anda diklik atau tidak.

Bagaimana cara menulis iklan online yang mematikan sehingga efektif mendatangkan penjualan?

Judul dan isi adalah kedua titik vital dalam iklan online. Pertama orang melihat judul. Selanjutnya, melihat isi untuk lebih meyakinkan mereka bahwa iklan tersebut yang memang diinginkannya. Karena itu, antara judul dengan isi harus solid.

Idealnya tips menulis iklan di bawah ini digunakan untuk iklan PPC (pey per click) yang mempertimbangkan keyword, seperti Adwords. Namun tak ada ruginya pula jika digunakan untuk iklan online secara umum. Tipsnya seperti di bawah ini:

  • Pilih keyword. Dalam iklan, masukkan kata yang anda duga paling dicari target iklan anda. Misalkan saja, produknya berupa kopi yang dipasarkan Mas Sumartono kata apakah yang kira-kira dicari? Kopi nikmat, kopi enak, atau kopi lezat? Pilih salah satu.
  • Buat beberapa rancangan judul. Andaikan memilih “kopi nikmat”, lalu coba buat dalam beberapa versi judul. Misalnya “Ingin Kopi Nikmat?”; “Cari Kopi Nikmat?”, “Ini Kopi Nikmat Kesukaan Anda!” dan lainnya.
  • Menyantumkan jumlah pengguna. Masih mengenai judul, sebagai alternatif anda bisa buat judul yang menyebutkan jumlah pengguna produk tersebut. Sebagai contoh, misalkan bila produknya berupa bakso seperti blog baksowolu, bisa menulis “Bagaimana Rasa Bakso yang Minimal dinikmati 514 orang per harinya?”
  • Perkuat dalam Isi. Setelah judul, anda tuliskan isi iklan anda. Pada isi, anda perkuat pesan yang ingin anda sampaikan. Memperkuatnya bisa dengan menampilkan keunggulan atau kekuatan produk anda.
  • Hindari menyingkat. Sebagai contoh misalnya anda akan mengiklankan Formula Bisnis. Hindari menuliskan FB, lebih baik langsung ditulis Formula Bisnis. Mengapa? Karena pengunjung yang mengkliknya bisa salah kira. Dikiranya FB merupakan Facebook. Kalau demikian bisa jadi mereka mengklik yang tak diharapkan. Sehingga sangat mungkin mereka segera menutup iklan yang baru dikliknya. So, lebih baik langsung tuliskan nama lengkap produknya saja.

Kelima tips di atas tidak mutlak untuk iklan online. Anda mau gunakan untuk iklan offline seperti di spanduk, juga bisa. Dan yang penting dalam berpromosi, fokuskan pesan anda.

Silakan dicoba. Semoga bermanfaat.

Salam ACTION!

08 Juni 2009

Membuat Hari Senin Penuh Semangat!

membuat-hari-senin-penuh-semangatBesok hari Senin. Siapa benci hari Senin? :-)

Setelah menikmati akhir pekan, tidak jarang ada yang mudah terjangkit rasa malas ketika Senin tiba. Serasa Senin merupakan hari yang teramat panjang dan membosankan. Berbanding terbalik dengan akhir pekan yang rasanya teramat singkat.

Apa benar demikian?

Setiap hari memiliki waktu yang sama 24 jam. Namun perpindahan dari hari libur ke hari kerja terkadang tak begitu saja diterima diri kita. Rasa malas yang begitu kuat muncul dan menggoda agar kita terus berada pada masa liburan.

Bagi yang sudah full membangun bisnis internet, liburan atau tidak tentu bukan soal. Uang terus mengalir kendati berlibur. Namun, bagi anda masih punya kewajiban lain untuk berangkat ke kantor atau sekolah misalnya, ada kalanya rasa malas begitu kuat membelenggu. Inginnya tiap hari sebagai hari libur.

Bagi anda yang merasa Senin dan hari kerja merupakan hari-hari menyebalkan, silakan simak tips-tips di bawah ini:

  • Siapkan peralatan kerja. Malam hari sebelum tidur, siapkan perlengkapan anda untuk esok. Selesaikan tugas yang belum terselesaikan agar tak membuat anda kelabakan esok hari.
  • Tatap dan cium anak anda. Bagi yang sudah dikarunia anak, sebelum tidur, coba tatap dalam-dalam wajahnya yang tengah terlelap, cium keningnya. Dan tumpahkan rasa cinta anda dengan berjanji melakukan yang terbaik untuknya. Hal yang sama lakukan ketika dia berangkat sekolah.
  • Lipat selimut anda. Begitu bangun tidur, langsung lipat selimut anda. Bergegaslah ke kamar mandi. Cuci muka. Bagi yang muslim sekaligus mengambil air wudhu dan menunaikan sholat.
  • Lihat luar rumah anda. Buka tirai atau gorden rumah dan rasakan sinar mentari yang begitu hangat. Bila anda yang sudah lama tak berolahraga, coba olahraga kecil baik lari atau jalan kaki keliling di sekitar rumah. Ajak serta anggota keluarga anda.
  • Lihat dan ingat orangtua anda. Setiap rasa malas menyerang, ingat dan tatap orang tua anda. Ibu anda khususnya. Ingat saat anda masih dalam buaian dan gendongannya. Rasakan betapa besar rasa cinta dan pengorbanannya untuk anda. Berjanjilah untuk membahagiakan mereka.
  • Tatap kembali cita-cita anda. Apa impian anda? Terus ACTION! Buat keluarga anda bahagia. Buat bangga orangtua anda.

Tiap hari adalah hari penuh semangat. Hapus kata “malas” dalam kamus hidup anda mulai detik ini dan seterusnya. Anda berjanji menjalani hari-hari anda dengan senang dan penuh semangat.

Mengutip dari webkios, tiap hari memiliki arti yang luar biasa. Senin adalah “Semangat Nan Indah”, Selasa berarti “Selalu Luar Biasa”, Rabu berarti “Rasakan bahagia dalam kalbu”, Kamis kepanjangannya “Kami Sukses”, Jumat berarti “Juga Amat Hebat”, Sabtu adalah “Saatnya Bersatu”, dan Minggu berarti “Mari ingat berkah seminggu”.

Mari semangat! Tidak lagi Senin menjadi hari menyebalkan. Kini tiap hari adalah hari-hari luar biasa, penuh bahagia, dan semangat.

Semoga bermanfaat. Salam ACTION!

06 Juni 2009

Inilah 10 Patokan Membuat Situs Web yang Efektif Mendatangkan Penjualan Melimpah

Anda berencana membuat toko online? Atau sudah punya namun penjualannya tidak menggembirakan? Rasanya anda perlu tengok kembali situs web anda. Dan perhatikan kesepuluh patokan situs web efektif di bawah ini, apakah sudah melekat di situs web anda.

Untuk menghilangkan rasa penasaran anda, silakan langsung disimak.

  1. Fokus di niche tertentu. Situs web anda perlu focus pada niche tertentu. Contoh yang baik misalnya seperti Arrahman Distro yang khusus menjual produk busana muslim.
  2. Optimalkan SEO. Optimasi situs web anda seperti dengan menyiapkan title tags, meta description, meta keywords dan kode HTML yang dibutuhkan. Hal ini sedikit banyak ikut berperan mendongkrak posisi situs web anda di search engine.
  3. Perbanyak keyword. Pada tiap halaman, isi dengan keyword utama dan tulis keyword antara 7 sampai 10 kali. Letakkan juga keyword sebagai anchor text.
  4. Hindari memakai javascript dan frame. Penggunaan keduanya bisa menghambat spider search engine dalam mengcrawl secara sempurna seluruh isi situs web anda.
  5. Konten prima. Lagi-lagi konten tetap jadi raja. Sekalipun itu dimaksudkan untuk toko online, konten yang memikat bisa menambah daya tarik produk anda. Sebagai contoh: umpamanya anda menjual produk obat pusing, anda mungkin bisa menulis “inilah ramuan yang disarikan dari jeruk nipis Gunung Ciremai dipadukan dengan garam pilihan dari Madura serta daun teh yang dipetik oleh tangan-tangan terampil di puncak Bogor. Dst… “ Di sini peran copywriting bisa menggugah sisi emosional dan logika calon pembeli.
  6. Judul dan sub judul. Selain judul tambahkan sub judul pada tiap halaman. Tujuannya untuk meningkatkan perhatian pembaca.
  7. Informasi seakurat mungkin. jelaskan spesifikasi, ukuran, jenis, bahan, atau apapun yang terkait dengan produk anda. Jelaskan dengan jelas.
  8. Tes situs web di berbagai browser. Coba tes situs web anda di berbagai browser seperti FireFox, Opera, Internet Explorer, Chrome, dan lainnya. Pastikan tampilan yang anda harapkan terlihat di tiap browser. Selain browser, tes juga dnegan menggunakan layar komputer yang berbeda ukuran.
  9. Tambahkan call to action. Orang sering lupa kalau tak diingatkan. Tambahkan pada akhir kalimat agar mereka segera melakukan pembelian.
  10. Pelan tapi pasti. Mulai dari target yang kecil kemudian terus meningkat dan meningkat sampai akhirnya impian yang mungkin bahkan tak pernah anda pikirkan sebelumnya telah tercapai.

Segera ACTION sekarang juga!

04 Juni 2009

Bagaimana Membangun Kredibilitas Bisnis di Internet

Bagaimana membangun kredibilitas bisnis di internetSaya membaca posting Membangun Kredibilitas Bisnis di blog Mbak Does. Dalam postingnya tersebut, Mbak Does mengemukakan pentingnya sebuah kredibilitas serta beberapa kunci untuk membangunnya. Pentingnya kredibilitas ini diamini Mas Syafree yang berkomentar “Yep… Benar sekali. Kredibilitas kuncinya. Siapa yang mau beli sampo anti ketombe dari orang yang ketombean?”. :-)

Melengkapi tulisan tersebut, kalau di internet, bagaimana membangun kredibilitas bisnis?

Ada sejumlah cara yang bisa anda gunakan untuk membangun kredibilitas bisnis di internet:

  1. Miliki Blog Berdomain Nama Anda. Kalau anda berniat berbisnis di internet, tentu situs web wajib anda punya. Namun hanya punya situs web saja sekarang tak lagi cukup. Anda juga perlu mempunyai blog berdomain nama anda. Sebab sekarang dan seterusnya, ketika seseorang ingin tahu mengenai seseorang, mereka tinggal mengetikkan nama yang dicarinya di search engine. Dan ketika nama yang dicarinya tak tercantum, maka orang tersebut dianggap “tak eksis”. Blog berdomain nama anda sangat baik untuk personal branding. Karena itu saya sarankan agar anda membeli domain nama anda.
  2. Lakukan Blogging Berkelanjutan. Tentu setelah blog anda buat, yang jauh lebih penting lagi adalah konsisten melakukan blogging. Karena sebenarnya membuat blog itu mudah. Yang jauh lebih sulit adalah melakukan blogging berkelanjutan. Sebab tak jarang, setelah blog dibuat, beberapa bulan kemudian ditelantarkan pemiliknya. Bila seperti itu yang terjadi, jangan pernah berharap blog anda bisa mencapai blog sukses spektakuler.
  3. Fokus dalam Blogging. Anda ingin orang mengenal anda sebagai apa? Itu pertanyaan kuncinya. Dan itulah salah satu alasan mengapa SANGAT penting untuk fokus di niche blog anda. Sekalipun mungkin anda punya banyak minat, keahlian, atau kelebihan, sebaiknya fokus di satu atau beberapa saja. Kalau semuanya anda pilih, pengunjung akan bingung.
  4. Merespon Komentar di Blog Orang Lain. Ini masih soal blogging. Bukan hanya di blog sendiri, merespon komentar di blog orang lain bisa meningkatkan kredibilitas anda. Anda bisa rasakan bedanya kan antara orang yang bertanya dan merespon pertanyaan?
  5. Cantumkan Informasi Kontak Anda. Sebelumnya ini sudah sering saya katakan. Cuma untuk mengingatkan saja dan yang belum membaca, informasi kontak seperti alamat, nomer telepon, dan alamat email penting untuk anda cantumkan. Terutama di situs web anda. Bukan hanya agar anda mudah dihubungi, namun sekaligus untuk menegaskan kalau anda benar-benar ada.

Tentu tips membangun kredibilitas di internet di atas tak langsung terlihat hasilnya dalam sehari dua hari. Efeknya baru bisa anda rasakan dalam jangka panjang. Karena itu butuh ketekunan dan kesetiaan menjalaninya. Tapi kalau tak dirintis sekarang, kapan lagi mulai ACTION?

Bagaimana menurut anda? Punya pendapat lain atau mau menambahkan?

4 Strategi Singkat Membuat Produk Informasi yang Menjual

Setiap orang saya percaya bisa menulis. Menulis dengan sangat baik bahkan. Tapi kalau menulis yang menjual dan terus dicari orang, mungkin tak banyak yang bisa melakukannya.

Kini strateginya akan saya bagikan untuk anda semua. Anda penasaran? Ya, sebaiknya iya. Tapi pesan saya, setelah anda pelajari, tolong langsung ACTION. Agar ilmu yang anda serap bisa bermanfaat.

Ok. Langsung saja. Bagaimana membuat produk informasi yang menjual? Dan apa rahasianya?

Rahasianya adalah memiliki kemampuan menulis sama baiknya dengan keahlian marketing. Bukan zamannya lagi kalau seorang penulis hanya mampu menulis saja. Tapi juga dituntut untuk dapat memasarkan hasil karyanya, tanpa selalu hanya tergantung bagian pemasaran.

Banyak kasus membuktikan justru pemasaran yang baik mampu mendongkrak produk yang biasa saja. Sebaliknya, produk yang bagus tapi tanpa ditunjang pemasaran yang hebat, penjualannya menjadi tak terdongkrak. Idealnya memang kedua hal tadi sama baiknya agar bisa saling mengisi. Dan yang lebih penting lagi, tak membuat pembeli kecewa.

Nah, kini yang kita bahas adalah strategi singkat membuat produk informasi yang menjual. Sejak awal kegiatan marketing justru diawali oleh si penulis sendiri. Berikut ini tipsnya:

  1. Topiknya menjual. Artinya topiknya memang dibutuhkan orang banyak. Tidak cuma beberapa orang saja yang membutuhkannya. Sebaiknya juga topiknya membahas aspek primer dari hidup manusia dan yang terus dibutuhkan sepanjang hidup manusia. Misalnya tentang keuangan, kesejahteraan, cara mencari uang, cara mencari kerja, dst. So, selalu tanyakan setiap anda berniat membuat produk informasi, apakah topik ini dibutuhkan banyak orang dan sepanjang zaman?
  2. Pelajari yang anda suka dan tuliskan pengalaman anda itu. Setelah anda tetapkan topiknya, terus coba cari apa kira-kira yang menarik minat anda. Lalu anda hanya perlu belajar tentang hal yang anda sukai itu. Cukup luangkan waktu 2-3 jam sehari untuk mempelajari bidang yang menarik minat anda itu. Sambil belajar anda praktekkan ilmu yang anda miliki. Dan setelahnya anda bisa tuliskan ilmu yang telah anda pelajari dan praktekkan itu.
  3. Kuasai copywriting. Sebagai penulis produk informasi, anda harus kuasai copywriting. Baik untuk menulis sales letter maupun dalam berpromosi. anda bisa meningkatkan kemampaun anda dengan membaca buku tentang copywriting. Tapi cara yang terbaik menurut saya adalah dengan belajar dari membaca sales letter. Coba anda kunjungi www.FormulaBisnis.com dan baca baik-baik sales letternya. Hal yang sama bisa anda lakukan setiap masuk ke website penjualan. Baca baik-baik dan terapkan dalam sales letter anda.
  4. Bangun personal brand anda. Memiliki brand yang kokoh perlu anda bangun sejak awal. Agar ketika anda telah meluncurkan produk informasi anda, anda telah dikenal sebagai seseorang yang kredibel. Membentuk personal brand bisa menggunakan blog. Tentang personal branding ini juga sudah pernah dibahas oleh Mas Arief dan Mas Zams.

Keempat strategi ini bisa dikuasai seiring proses yang anda tempuh. Dan yakinlah, menulis dan menjual itu bukan hal sulit. Kalau keyakinan ini sejak awal tertanam dalam diri anda, anda akan melakukannya dengan enjoy.

Bagaimana? Anda sudah siap membuat produk informasi yang menjual?

4 Tahap Proses Marketing Menyeluruh yang Perlu Anda Tahu

Kapankah aktivitas marketing dimulai? Apakah proses marketing baru dimulai hanya setelah sebuah produk siap dipasarkan?

Mungkin kebanyakan dari kita akan menjawab benar demikian. Proses marketing baru dijalankan setelah ada produk yang siap dipasarkan. Namun, dalam mata rantai marketing yang utuh, proses marketing sebenarnya harus sudah bekerja jauh sebelum produk diluncurkan. Bagaimana bisa?

Karena marketing bukan sekedar soal memasarkan produk yang sudah siap dijual. Namun marketing ikut berperan dari awal dalam menghasilkan produk berdaya jual tinggi.

Proses marketing diawali dari melihat peluang pasar, melakukan riset pasar, memilih target pasar, menyusun strategi marketing, merencanakan program marketing, lalu menyusun, meng-ACTION-kan, dan memantau hasilnya.

Pandangan awam yang menganggap proses marketing sebatas menyusun strategi marketing sampai evaluasi bisa berakibat fatal. Bukan saja berakibat tak lancarnya penjualan produk, namun bisa mengakibatkan biaya marketing yang tinggi dan tak efektif.

Biar lebih jelas, mari kita bahas secara runtut empat tahap proses marketing berikut ini:

  1. Melakukan Riset Pasar. Proses marketing dimulai dari riset pasar untuk melihat seberapa besar potensi pasar, mengukur tingkat kebutuhan pasar, peluang pasar, dan ragam segmen yang tersedia. Juga mengetahui tingkat persaingan di pasar tersebut.
    Sebagai contoh, sebelum meluncurkan Rumusan Rahasia Blogging, saya lihat betapa pasar blogging begitu besar. Tingkat kebutuhannya sangat tinggi. Pemilik blog masih sangat terbatas. Dan setahu saya, belum ada produk lain yang secara menyeluruh membahas secara tuntas dari A sampai Z tentang blogging. Rahasia Blogging bukan sekedar membahas tentang bagaimana membuat blog dan menghasilkan uang dari blogging. Namun lebih dari itu membuat blog sukses spektakuler.
  2. Mengembangkan Strategi Marketing. Dengan memperhitungkan keunggulan anda, anda siapkan strategi positioning dan brand produk anda.
  3. Menetapkan Program Marketing. Dari strategi marketing tersebut, kemudian lebih rinci ke program marketing. Apa sajakah program marketing yang anda rencanakan? Misalkan ketika baru meluncurkan produk, anda bertumpu pada SEO, PPC, dan beriklan di situs web iklan seperti iklan jitu.
    Pada tahap ini, anda perlu hitung total anggaran marketing, alokasi pengeluaran di tiap program marketing yang dijalankan.
  4. Evaluasi dan Perbaikan. Pada tahap terakhir ini kita lihat bagaimana hasil dari program-program marketing tersebut. Sudah sesuaikah dengan target anda? Dan dari hasilnya anda bisa rumuskan kembali program marketing apa yang perlu diperbaiki, mana yang perlu diperkuat, mana yang perlu dikurangi atau mungkin perlu ditiadakan. Dan begitu seterusnya.

Intinya selalu ukur program marketing anda. Sebab marketing merupakan proses berkelanjutan yang terus mengiringi dan menentukan keberhasilan bisnis internet anda.

Bagaimana? Anda sudah siap merancang program marketing untuk bisnis internet anda dan meng- ACTION-kannya? Ikuti keempat tahap proses marketing menyeluruh diatas agar kegiatan marketing anda lebih terencana dan terarah.

Salam ACTION!

01 Juni 2009

Mendulang Traffic dari Google Blog Search dan Google Image

Joko Susilo Mendulang Traffic dari Google Blog Search dan Google ImageBukan hanya google.com atau google.co.id andalan sumber traffic blog anda. Namun ada sejumlah fasilitas Google lainnya yang bisa anda maksimalkan, yaitu google blog search dan google image. Bagi pemilik blog terutama, meraih posisi terdepan di kedua fasilitas pencarian tersebut bisa meningkatkan traffic ke blog anda.

Bagaimana cara meraih tempat terhormat di kedua layanan Google itu?

Pertama, mari kita bahas google blog search. Sejak berkembangnya blog, Google kemudian memutuskan membuat halaman pencarian khusus blog. Itulah google blog search.

Membandingkan pengguna google blog search dengan halaman pencarian biasa seperti google.co.id (yang isinya campur antara blog, situs web, dan forum) misalnya, google blog search mungkin masih kalah. Namun seiring terus meningkatnya jumlah blogger, saya yakin lambat laun makin banyak yang menggunakan google blog search.

Google Blog Search layak lebih sering digunakan para blogger sebab menyajikan informasi blog yang lebih segar. Anda tinggal mengklik “browse top stories”, akan langsung muncul topik yang paling hangat di blogosphere. Topiknya beragam, dari bisnis sampai olahraga. Bagi anda yang bermaksud melakukan pencarian lebih detil pun bisa memakai advanced blog search.

Nah kalau bagi pemilik blog yang ingin blognya mendominasi google blog search, apa yang harus dilakukan?

  1. Cek blog anda di Google blog search. Kalau blog anda dicari belum tercantum, anda bisa submit dengan memakai Google Blog Search Pinging Service.
  2. Sekalipun anda sudah menggunakan Google Sitemap misalnya, anda tetap perlu menggunakan Google Blog Search Pinging Service.
  3. Setiap terjadi perubahan di blog, lakukan “ping” kembali. Atau bila anda ingin melakukannya secara otomatis, gunakan API.
  4. Karena tak lagi hanya feed saja yang diindex, tapi keseluruhan isi posting, maksimalkan penerapan SEO anda dalam content.
  5. Buat content blog berkualitas.

Nah, berikutnya kita bahas Google Image..

Tak dipungkiri, Google Image merupakan tempat yang banyak dipakai untuk mencari gambar. Itulah salah satu fungsi penting memakai gambar dalam setiap postingan anda. Agar gambar yang anda pasang di blog, bisa terpampang di google image, dan akhirnya trafficnya mengalir ke blog anda.

Bagaimana caranya?

  1. Gunakan gambar yang menarik. Karena gambar yang menarik lebih berpeluang diklik oleh pengguna Google Image.
  2. Karena Google Image meng-index relative lama, sebisa mungkin hindari mengubah nama gambar anda.
  3. Beri nama gambar dengan kata. Nama yang sesuai dengan gambar anda tentunya. Dari pada menamai dengan 001.jpg, lebih baik gunakan misalnya bisnis-internet.jpg.
  4. Tempatkan keyword di alt tag gambar. Alt tag itu yang akan tampil di halaman pencarian google image. Untuk melakukannya pastikan gambar anda memiliki kode seperti berikut:

”Joko

Lakukan tips-tips di atas dan bersiaplah melihat hasilnya. Blog anda akan mendominasi Google blog search dan Google image. Dan aliran pengunjung berlimpah mendatangi blog anda.

Salam ACTION!

3 Kesalahan Newbie di Masa Awal Berbisnis Internet

3-kesalahan-newbie-di-masa-awal-berbisnis-internetAnda pastinya sudah baca 14 kesalahan fatal bisnis internet. Namun kesalahan-kesalahan tersebut umumnya terjadi ketika anda belum mulai menjalankan bisnis internet. Sementara, ada sejumlah kesalahan lain yang potensial anda lakukan saat bisnis internet anda baru mulai. Di proses awal tersebut, kesalahan-kesalahan berikut ini bisa membuat langkah bisnis online anda sedikit tersendat.

Apa sajakah itu? Simak tiga kesalahan newbie saat mulai bisnis internet.

Kesalahan pertama: menghabiskan seluruh dana iklan di satu tempat
Betul. Ini bisa terjadi pada para newbie. Mungkin karena terlampau bersemangat memulai bisnis internet, lalu seluruh dana iklan yang disiapkan hanya dihabiskan untuk beriklan di satu tempat. Harapannya dengan memasang iklan dengan ukuran besar misalnya, iklan itu bisa langsung meraup sukses besar. Syukur kalau iya. Namun kalau tidak, dana iklan anda langsung ludes.

Solusi: pecah dana iklan anda menjadi beberapa bagian. Tes dan ukur hasilnya. Bila berhasil, terus coba tingkatkan besar iklan. Namun bila belum, anda bisa coba pindah ke penyedia iklan lain. Dengan demikian anda bisa ukur dan membandingkan tingkat efektivitas antar penyedia layanan iklan. Bila ada layanan iklan baru, jangan segan mencobanya. Contoh seperti yang ditawarkan mr-mung.

Kesalahan kedua: Menyerah setelah mencoba hanya sekali
Banyak orang yang cepat menyerah hanya karena hasilnya belum kelihatan. Misalkan baru memposting artikel satu kali, lantas menginginkan blognya langsung menghasilkan uang. Atau baru mem-follow up sekali, lantas tak pernah melakukannya lagi. Semoga ini tak terjadi pada anda.

Solusi: coba lagi, lagi, lagi dan lagi. Jangan pernah menyerah! Soal memposting rutin misalnya, anda bisa belajar dari Mas Fadly dan Mas Andy yang terus konsisten memposting.

Kesalahan ketiga: tidak mem-follow up prospek
Prospek adalah calon pengguna produk atau layanan anda. Tak memfollow up atau melakukan penawaran seperti halnya dengan melakukan sesuatu tapi setengah jalan. Mungkin saja mereka lupa atau sedang sibuk, sehingga anda perlu mengingatkan dengan follow up.

Solusi: lakukan follow up. Dan tak cuma sekali. Bila perlu sampai 10 kali. Bila belum berhasil, berikan penawaran produk atau jasa lain yang kira-kira dibutuhkan oleh si prospek. Karena itu memiliki beberapa produk seperti Mas Irwan dan Mas Dafid, menjadi keuntungan sendiri. Bila prospek belum berjodoh dengan satu produk, mungkin berjodoh dengan produk lainnya.

Bagaimana menurut anda? Anda punya daftar kesalahan lain yang biasa dilakukan pemula di masa awal berbisnis internet?

Menu Blogging: Empat Sehat, Lima Sempurna!

Habis membaca tulisan Mas Candra berjudul Appetizer sampai Dessert-Menu Wajib Blogger, saya terinspirasi membuat tulisan ini. Menu “empat sehat lima sempurna” adalah soal mengkonsumsi informasi. Agar nantinya blog yang kita kelola bisa menyajikan informasi “bergizi” seimbang. Sehingga pembaca pun betah menikmatinya.

Apa sajakah menu blogging empat sehat lima sempurna?

Saya masih ingat, beberapa bulan lalu ada salah seorang member, Mas Surya, yang bertanya bagaimana JokoSusilo.com bisa menghadirkan konten yang selalu menarik dan rasanya tak pernah kehabisan ide. Saya katakan untuk bisa menulis dengan baik, kita perlu suplai “makanan” yang juga berkualitas.

Selain mengkonsumsi “makanan” berbayar, saya pun mengkonsumsi non-berbayar. Dari suplai informasi-informasi berkualitas tersebut, kita mengunyah dan mencernanya. Sehingga kemudian kita pun mampu menghasilkan “makanan” yang layak ditunggu siapapun.

Lalu hubungannya dengan menu blogging? Agar blog anda pun bisa menghasilkan konten-konten yang menarik, serta pengembangan content dan blog anda bisa berjalan lancar, perhatikan “konsumsi” informasi anda, apakah sudah empat sehat lima sempurna?

1. Informasi Dasar. Informasi dasar merupakan “makanan pokok” anda. Dan “makanan” ini bisa tergantung dari niche blog anda. Sebagai contoh, kalau nichenya adalah pendidikan seperti punya Mas Eko Budoyo, mungkin seperti situs web Diknas menjadi langganan. Alternatif lain? Ensklopedi seperti Wikipedia, bisa menjadi tempat mencari informasi dasar. Kalau tentang bisnis internet dan marketing, blog JokoSusilo.com bacaan wajib anda. :-)
2. Informasi Teknis. Setelah mengetahui informasi dasar, anda pun perlu mengkonsumsi teknis-nya. Mungkin berupa langkah-langkah atau tutorial. Sebagai contoh seperti di tutorial untukku. Informasi teknis ini ibarat “lauk-pauk” yang berisi protein untuk memperkuat struktur dan sel blog atau situs web anda.
3. Informasi Segar. Anda juga perlu informasi yang fresh untuk mengetahui hal-hal yang sedang heboh diperbincangkan. Informasi ini bisa anda temukan di portal berita seperti detik.com atau Google News. Fungsi informasi jenis ini seperti sayur-sayuran yang akan menyegarkan tubuh anda. Dan yang jelas, tak membuat anda ketinggalan informasi.
4. Motivasi. Seperti “buah-buahan” yang penuh vitamin, blog motivasi bisa membuat anda semangat. Di sanalah, fungsi blog motivasi seperti punya Mas Arief dan Pak Wuryanano memainkan peran.
5. Produk Berbayar. Seperti susu yang mengandung berbagai macam kandungan, dari protein, lemak, kalsium, sampai vitamin, begitupun biasanya yang terdapat dalam produk berbayar. Di dalamnya, segala hal sudah dijelaskan dengan lengkap, sehingga anda dengan mudah dapat langsung mempraktekkannya. Anda sudah mengkonsumsi Rumusan Rahasia Blogging?

Tentu saja, dalam mengkonsumsi kelima jenis informasi tersebut jangan sampai anda mengkonsumsi berlebihan. Sehingga mengakibatkan anda mengalami over load informasi yang berakibat mengalami “obesitas blogging”. Tanda-tandanya adalah anda keasikan mengkonsumsi dan “NO ACTION!” Untuk mengantisipasinya, anda perlu melakukan fitness blogging. Mengkonsumsi secara bertahap dan terus ACTION adalah langkah bijak untuk membuat blog sukses spektakuler.

Bagaimana menurut anda? Sudah “empat sehat lima sempurna”-kah menu blogging anda?